Transportasi Dari Singapore Menuju Melaka

Setelah 2 hari keliling Singapore, saatnya nyebrang ke negara tetangga yaitu Malaysia. Lebih tepatnya kita menuju Melaka. Sebagai backpacker kita memilih moda bus untuk menuju Melaka karena yang paling murah. Dari Singapore kita naik bus yang berada di Queen street Bugis. Ada beberapa bus yang melayani rute ini, diantaranya adalah Causeway Link, SBS 170 dan Express. Bus ini akan membawa kita ke JB Sentral. Saat itu kita naik bus Causeway Link karena dilihat dari busnya lebih bagus dan yang segera berangkat jadi tidak menunggu terlalu lama, walaupun harga tiketnya sedikit lebih mahal yaitu SGD 3.50. Jangan lupa tiketnya disimpan baik – baik karena nanti akan diperlukan lagi.

Kurang lebih 30 – 45 menit bus akan tiba di Woodland check point. Disini semua penumpang akan diturunkan untuk lapor ke imigrasi. Sebaiknya barang bawaan dibawa semua karena belum tentu kita naik bus yang sama dengan yang kita naiki tadi. Siapkan dokumen perjalanan yang diperlukan.

Keluar dari imigrasi kita antri lagi bus menuju Malaysia. Dengan tiket bus yang disimpan tadi, kita bisa naik bus yang sama tanpa perlu beli tiket lagi, kecuali kalau tiket kita hilang ya wajib beli lagi.

Simpan baik – baik tiket bus karena akan digunakan lagi setelah keluar dari Woodland Check Point.

Sampai di Johor Baru Sentral Check Point kita harus antri imigrasi lagi. Sekali lagi siapkan dokumen perjalanan / paspor ya. Setelah melewati bagian imigrasi kita langsung menuju tempat bus yang akan membawa kita ke Larkin Sentral. Arahnya setelah keluar dari imigrasi di pintu sebelah kiri, lurus saja jangan belok kiri ya (lihat petunjuk arahnya) sampai ketemu platform B. Lalu turun dan disana sudah tersedia bus menuju Terminal Larkin (Larkin Sentral). Tunjukkan tiket kita tadi biar tidak perlu bayar lagi.

Tiba di Larkin Sentral kita langsung menuju tempat penjualan tiket. Petugas penjualan tiketnya akan menanyakan tujuan dan waktu keberangkatan yang kita inginkan. Untuk pembayaran selain uang ringgit diperlukan paspor juga. Harga tiketnya RM 20.90. Selanjutnya kita akan diberikan tiket, dan dijelaskan nama bus, jam keberangkatan, nomor kursi dan gate mana yang harus kita masuki. Sebagaimana terminal disana banyak penjual makanan, minuman dan kue – kue. Harganya lumayan murah. Jadi bagi yang belum makan siang atau sekedar mau nyemil sambil nunggu bus bolehlah dicoba.

Di terminalnya disediakan ruang tunggu. Kita tinggal lihat di tiket dari gate mana kita harus masuk. Dan hanya yang memegang tiket yang bisa masuk karena harus scan barcode di tiket. Keren ya, udah berasa di bandara 😁. Disetiap ruang tunggu ada 2 petugas yang akan mengumumkan jadwal keberangkatan bus sekaligus mengecek tiket dan memberitahu di platform mana bus yang harus kita naiki. Jadi jangan khawatir salah naik bus atau ketinggalan bus.

Setelah menunggu sebentar akhirnya bus menuju Melaka diumumkan. Langsung saja para penumpang antri untuk cek tiket dan ditulis nomor platform bus kita. Di platform yang telah ditentukan sudah ada bus yang menunggu. Kalau membawa koper bisa disimpan di bagasi bus. Ingat ya, disana driver tidak akan membantu kita menyusun barang – barang di bagasi. Jika sudah meletakkan barang di bagasi langsung saja naik bus. Nomor kursi bisa dilihat di tiket. 10 menit kemudian bus meninggalkan Larkin Sentral menuju Melaka.

Happy travelling 😘

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s