Wisata Gratis di Singapore

Biasanya orang akan berfikir beberapa kali untuk travelling ke luar negeri. Selain masalah beda budaya, aturan dan sebagainya, masalah dana merupakan salah satu hal yang benar – benar harus dipersiapkan. Apalagi setelah kita tahu kalau negara yang akan kita kunjungi adalah negara dengan biaya hidup tinggi. Salah satunya adalah Singapore. Namun karena banyaknya tiket promo kesana tetap menjadikan Singapore salah satu destinasi favorit.

Baca juga memahami sedikit adab / aturan di singapore

Singapore merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh orang Indonesia. Walaupun negara kecil, tapi banyak yang ditawarkan oleh negara tersebut. Singapore mampu memanfaatkan setiap jengkal tanah yang dipunya untuk dijadikan tempat yang sangat bermanfaat.

Namun karena merupakan negara yang kecil dengan mobilitas yang tinggi dan maju menjadikan Singapore negara dengan biaya hidup tinggi. Untuk para wisatawan yang punya banyak duit sih ga masalah. Tapi kalau untuk backpacker seperti saya, berarti saya harus benar – benar merencanakan biaya dengan ketat.

Walaupun terkenal dengan biaya hidup yang tinggi, namun Singapore juga masih banyak menyediakan wisata yang murah meriah alias gratis. Nah disini saya akan membagikan pengalaman wisata murah di Singapore ala backpacker 😁.

1. Bandara Changi

Bandara Changi merupakan salah satu bandara terbaik di dunia. Dari terminal 1 – 4 disediakan tempat wisata / taman yang masing – masing mempunyai keunikan tersendiri dan tentu saja gratis. Wifi, main game, nonton film ataupun pijat kaki gratis disini. Bagi penumpang yang sedang menunggu pesawat transit dapat mengikuti tour keliling Singapore yang disediakan. Jadi pasti ga akan merasa bosan.

Selain itu para pecinta belanja akan dimanjakan dengan banyaknya outlet brand – brand ternama dan tentu saja bebas pajak.

Lengkapnya baca disini ya

2. Singapore River

Singapore river merupakan sungai yang berada di tengah kota Singapore. Sungainya lebar dan bersih. Disini kita bisa sekedar duduk-duduk atau dapat ikut tour untuk keliling sungai tersebut (tournya bayar yaa 😊). Akan lebih indah kalau sore atau malam hari kesana karena selain teduh dan ga panas, cahaya / lampu-lampu dari gedung-gedung pencakar langit yang berwarna warni menambah cantik pemandangan.

Untuk menuju kesini bisa dengan naik MRT turun di stasiun Rafless Place.

3. Merlion Park dan Marina Bay

Patung berbentuk singa tersebut merupakan simbol negara tersebut. Belum ke Singapore kalau belum ke merlion katanya πŸ˜„. Merlion park dan marina bay dapat kita kunjungi sekalian dengan Singapore river karena letaknya berdekatan.

4. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens merupakan taman seluas 64 hektar. Kalau di Indonesia seperti kebun raya Bogor. Banyak tanaman dari seluruh penjuru dunia. Bagi pecinta anggrek disini terdapat National Orchids Garden yang memiliki ribuan jenis anggrek dari seluruh dunia. Selain itu masih banyak taman – taman didalamnya yang diklasifikasikan sesuai dengan namanya. Kalau kesini sebaiknya pagi – pagi atau sore hari ya.

Untuk masuk ke Singapore Botanic Gardens tidak dipungut biaya alias gratis, namun untuk taman – taman didalamnya ada yang gratis ada juga yang berbayar.

Untuk menuju Singapore Botanic Gardens kita bisa naik MRT turun di stasiun Botanic Gardens.

5. Gardens By The Bay

Gardens By The Bay merupakan taman buatan seluas 101 hektar dan memiliki ratusan ribu tanaman dari seluruh dunia. Suasana sejuk dan asri akan langsung menyapa kita. Ada beberapa taman yang berbayar. Tapi kalau mau yang gratis kita bisa ke Supertree Grove. Diatas Supertree Grove terdapat jembatan kaca yang menghubungkan tiap pohon. Tapi kalau mau kesana harus beli tiket dulu πŸ˜„.

Oya kalau kesini sebaiknya malam ya karena tiap malam ada Garden Rhapsody, pertunjukan lampu di atas supertree dengan musik. Indah banget pokoknya. Karena pertunjukannya diatas supertree, untuk menikmati pertunjukannya kita bisa dengan tiduran tempat yang disediakan di sekitar supertree.

Untuk menuju Gardens By The Bay bisa dengan menggunakan MRT turun di stasiun Bayfront.

10 thoughts on “Wisata Gratis di Singapore

  1. Haha. Aku juga selalu nyari yg gratisan kalo di Singapore. La biaya hidupnya udah tinggi banget. Wkwkwkwk.

    Aku tambahin daftarnya ya,, bisa foto2 di Haji Lane, eksplorasi Little India, nongkrong di perpus di Orchard Road. Gratis semua itu. Haha.

    Btw, salam kenal dari Dini πŸ˜‰

    Like

  2. Wah enak banget ya kayaknya jalan2 di singapur ke tempat yg gratis pula 😁, btw mba sharing jg dong tmpat nginap yang murah klo ke singapur, biar siapin budget gitu hehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s