Perpanjang paspor 2018

Berhubung bulan Januari 2018 ini masa berlaku paspor udah habis, dan karena tergiur tiket murah yang ditawarkan beberapa maskapai, jadinya paspor harus tetep aktif, biar kalau pas kebetulan ada tiket murah yang sesuai ma jadwal libur gw bisa langsung cuz haha.

Setelah cari sana sini referensi untuk perpanjang paspor, gw langsung ngumpulin persyaratannya. Yang pertama adalah download dulu aplikasi antrian paspor online dari playstore buat yang pake android, karena sekarang sudah diberlakukan antrian paspor secara online, apalagi di kantor imigrasi kelas I. Gw sengaja daftar ke kantor imigrasi kelas I karena pengen perpanjang paspor sekalian bikin paspor online yang saat ini hanya dilayani di kantor imigrasi kelas I. Dan yang gw pilih adalah yang di Jakarta Barat. Lokasinya di kawasan Kota Tua. Dulu pertama kali gw bikin paspor juga disana, jadi rasanya nyaman aja kalo ada ditempat yang udah kita kenal dan katanya disana ga ribet hehe. Biasanya nih, setiap mau buka aplikasinya pasti selalu dibilang penuh. Apalagi kalau baca berita kalau ternyata ada oknum yang daftar sampai berkali-kali. Nah tipsnya biar dapet antriannya adalah coba buka malam atau pagi-pagi banget. Biasanya ada aja jadwal yang kosong. Kalau sudah daftar nanti di aplikasinya akan muncul barcode yang harus kita tunjukkan ke petugas.

Setelah dapat tanggal dan nomor antrian (jam pelayanan) lanjut nyiapin berkas-berkasnya, yang cuma perlu bawa fotocopy e-KTP dan paspor lama. Fotocopynya harus di kertas A4, ga perlu dipotong, kalau bingung bawa aja di tukang fotocopy yang ada di kantor imigrasi, mereka udah paham koq. Jangan lupa KTP dan paspor asli dibawa juga ya.

Pas hari H-nya datanglah 15 menit sebelum jam yang telah ditentukan. Jangan lupa pakai baju yang rapi dan bersepatu (penting !!!). Ada sedikit kejadian yang bisa dijadikan pelajaran. Kebetulan waktu itu gw udah pede aja datang dengan bawa berkas-berkasnya lengkap. Gw udah datang 30 menit sebelum jam yang telah ditentukan. Tapiii…. pas mau buka aplikasinya ternyata lagi error. Dicoba terus tetep ga bisa. Hopeless… Akhirnya nanya petugasnya dan curhat sedikit tentang masalah aplikasinya. Alhamdulillah petugasnya baik jadi gw langsung disuruh ngantri buat ngambil formulir dan pengecekan kelengkapan berkas.

Jadii… dilihat dari pengalaman gw, sebaiknya barcode antriannya di print, siapa tau kejadian kaya gw dan dapet petugas yang kurang fleksibel.

Setelah berkas kita dinyatakan lengkap, nanti petugasnya ngasih formulir beserta mapnya, GRATIS. Dan dikasih nomor antrian yang distaples di map. Antriannya dibagi 2, A dan B. Diikuti aja sesuai petunjuknya, karena baik A maupun B sama-sama untuk pembuatan paspor. Kebetulan gw dapet yang antrian B. Sambil nunggu nomor antrian dipanggil, diisi dulu formulirnya yang lengkap.

Setelah nunggu beberapa lama, nanti akan dipanggil nomor antrian kita. Langsung aja masuk. Bakal ditanya-tanya sedikit alasan kita bikin / perpanjang paspor. Trus difoto, sidik jari (baru), dan terakhir dikasih billing untuk pembayaran. Jangan lupa bilang kalau kita mau bikin e-paspor.

Pembayaran sebenernya bisa dilakukan via ATM, tapi lebih enaknya bayar di kantor pos. Jangan khawatir karena di parkiran imigrasi ada mobil kantor pos yang melayani pembayaran. Untuk paspor biasa Rp. 355.000 dan e-paspor Rp. 655.000. Paspor akan diproses setelah pembayaran selesai. Dan Paspor gw bisa diambil 2 minggu setelah pembayaran. Jangan lupa simpan baik-baik lembaran yang dikasih dari kantor imigrasi beserta bukti pembayaran karena itu nanti dipakai untuk pengambilan paspor. NB : sebaiknya ambil paspornya jangan lama-lama (lebih dari sebulan) karena takut keselip atau hilang.

Di kantor imigrasi Jakarta Barat, pengambilan paspor sekarang sudah dipindah ke gedung sebelah gedung A (sebrang tempat pengecekan berkas). Tempatnya lega banget, ga kaya kemarin keliatan sumpek dan dorong-dorongan. Kasih bukti pembayarannya ke petugas dan duduk yang manis. Ga sampe setengah jam gw udah dipanggil buat ambil paspor. Sebelumnya kita disuruh cek apakah ada yang salah di paspor. Kalau sudah bener semua, kita disuruh fotocopy, fotocopyannya diserahkan ke petugas dan kita bisa langsung pulang. Btw nomor paspor ternyata ga sama dengan nomor paspor yang sebelumnya.

3 thoughts on “Perpanjang paspor 2018

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s